Friday, October 26, 2012

INDONESIAN SCHOOL


HOYYY YOU GUYS MUST READ THIS ONE !! *maksa*

Well,postingan gue kali ini “rada bijak” karena gue mau ngepost tentang SEKOLAH INDONESIA.
Kalo ngomongin pendidikan di Indonesia emang masi beda jauhhh dan jauh ketinggalan dari Negara lain. Menurut  artikel yang pernah gue baca “Jumlah mahasiswa saat ini adalah 4,8 juta orang. Artinya Cuma 18,4% dari populasi penduduk usia 19-24 tahun. Mereka yang sekolah pun belum tentu bisa mengangkat kualitas SDM Indonesia. Belum lagi,ada sekitar 2,6 juta sarjana yang menganggur tiap tahun karena minimnya lapangan kerja” well,menurut di artikel tsb dan menurut om deddy cobuzier juga menurut gue pribadi sih pendidikan di Indonesia itu sistemnya masi salah.

Yeah,walaupun  jaman terus berkembang kayaknya pendidikan kita masi aja terkenal konvensional gitu.
pendidikan di Indonesia masi kaku dan mengekang. Para murid/pelajar di Indonesia nggak bisa bebas memilih maple yang sesuai dengan minat dan bakat mereka karena semua udah ditentukan pemerintah.
Jadi,suka atau nggak suka kita wajib mengambil dan harus menguasai semua mata pelajaran itu.
kadang,jumlah maple yang harus diambil itu banyak banget. Belum lagi, banyaknya PR dan Ujian/Ulangan yang harus kita ikuti. Fakta di artikel yang pernah gue baca : “ Indonesia termasuk Negara dengan jumlah hari sekolah tertinggi di dunia.” Tiap tahunnya,kita (para murid/pelajar sekolah) menghabiskan 220 hari di sekolah. Akhirnya,proses belajar jadi nggak efektif garagara murid-murid kebuuru bosen + stress.

Kayaknya nih ya,Pemerintah Indonesia menganggap kalo makin banyak jam belajar di sekolah, maka murid bakalan pinter. Padahal sih, nggak jamin juga Sistem Pendidkan Indonesia juga masih terkesan value oriented yang lebih mengutamakan nilai daripada proses. Akhirnya, para murid terbentuk jadi robot yang obsessed sama nilai. Kita pasti malu kan kalo nilainya jelek/harus remedial dan akhirnya kita melalukan berbagai cara biar dapet nilai bagus,termasuk nyontek. Banyaknya kejadian gini malah ngebuat murid-murid indoonesia miskin ide kreasi.

Kebanyakan para lulusan universitas lebih milih pekerjaan ytang udah ada dan terjebak sama kerjaan yang itu-itu aja,iya kan ? kayak PNS/karyawan swasta. Jadi,makin banyak pengangguran garagara lapanagan kerja yang minim. Ternyata,masih banyak guru Indonesia yang pendidikannya terbatas. Gaji mereka yang pas-pasan juga bikin mereka jadi kurang termotivasi.
Nah, para murid harus bisa menguasai semua maple sedangkan guru Cuma bisa menguasai 1 mapel aja. Oke,ini tuh nggak FAIR.banget. 

kalo menurut quotes dedy cobuzier semalem “orang yang pintar di sekolah, belum tentu pada saat dewasa nanti mereka bisa menjadi orang yang sukses. Karena kebanyakan orang sukses jaman sekarang adalah orang yang tidak pandai dalam pelajaran di sekolah nya dulu.”
nah, abis denger kata2nya si deddy tadi, gue bisa ambil kesimpulan walaupun gue nggak terlalu pinter dalam akademik di sekolah,tapi siapa tau ntar gue bisa jadi orang yang sukses melebihi temen2 gue yang pinter di sekolah. Asalkan gue bisa,mau,dan kreatif :)  amiiinnn yaAllah,.

2 comments:

Sahisnu Wanditadiva said...

bener banget din. sistem pendidikan di Indonesia cenderung menghapal persis dengan buku. beda dengan negara2 barat. mereka disana bukan dituntut untuk menghapal, tapi mereka dituntut untuk kreatif dan cekatan. hasilnya? anak2 di negara barat lebih gampang buat dapet pekerjaan. entah itu yang udah ada ataupun yang baru. bandingkan dengan Indonesia yang terbiasa untuk menghapal. adakah pekerjaan yang menggunakan hapalan?

farhan said...

izin copast yo, gw sertakan sumbernya kok


visit farhan1775.blogspot.com

Post a Comment